AKU TAK MAU MENGHAFAL DO'A INI

AKU TAK MAU MENGHAFAL DO'A INI

لبِسْـــــــمِ أللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَلٔسَّلَامُ عَلَٔيْكُمْ وَرَحْمَةُاللّٰهِ وَبَرَكَاتُه
ُ
 Semoga sebagai orang tua kita paham betul akan amanah yang Allah SWT titipkan kepada kita berupa "ANAK" 💕

Semoga kita bisa mengambil hikmah dari cerita ini dan  menjadikannya pelajaran, agar tidak menimpa diri kita.

Bismillahirrahmanirrahim...

 Aku adalah salah seorang guru  di sebuah Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) di salah satu kota besar di negeri ini.
Hampir setiap maghrib aku habiskan waktuku bersama anak-anak kecil, Mengajari mereka membaca Al-Quran,  menghafal doa-doa umum, dan menghafal surat-surat pendek... Hal itu bukanlah hal yang membosankan bagiku.

Tawa canda mereka, kepolosan mereka, dan kenakalan mereka, seolah-olah membawa kebahagiaan tersendiri bagiku.

🌾 Pada suatu pertemuan, setelah mendampingi murid-muridku dalam membaca Al-Quran, kuminta mereka untuk menghafal seuntai doa.
Ya! Doa yang telah umum diketahui, yaitu doa untuk orang tua

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا.

"Allahummaghfirlìi waliwàlidayya warhamhumà kamà rabbayànì shaghìrà.
Yang artinya:
“Ya Allah,, ampunilah aku dan kedua orang tuaku dan sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku di waktu kecil”.

Aku tak pernah meminta murid-muridku untuk menghafal seuntai do'a kecuali dihafal juga terjemahannya.

Seperti biasa, mereka yang telah berhasil menghafalnya dipersilakan pulang duluan.*
Kulihat murid-muridku menghafalkannya dan berusaha untuk menjadi yang pertama kali pulang...
Satu per satu mulai menunjukkan hafalannya kepadaku. Mereka pun pulang setelah kunyatakan hafalannya diterima.
hingga tinggal tersisa satu anak lagi.

Ketika tersisa satu anak lagi...,
Kudengar hafalannya tak pernah sampai selesai. “Rabbighfirlì… waliwàlidayya… warhamhumà…”", ucapnya terbata-bata berusaha mengingat apa yang ia hafal. Ia berhenti sejenak. Lalu ia mengulanginya lagi dari awal. Ia terus melakukan hal yang sama berulang-ulang. Akhirnya aku menimpali hafalannya, *“Kamà rabbayànì shaghìrà”

Rupanya, ia tak menghiraukanku. Ia kembali memperlancar potongan doa yang telah dihafalnya. Kutimpali lagi dan ia tak menghiraukanku. Pada kali yang ketiga, setelah kutimpali hafalannya, ia berhenti sejenak dan mendekatiku seraya berkata, “Pak Ustadz, aku tak mau menghafal doa ini!”

Dengan sedikit heran, aku bertanya, “Lho, kenapa?”

Dengan sedikit gugup, ia menjawab, “Ayah dan Ibu sibuk bekerja, bilang sibuk dakwah dan mengajar. Sering sekali aku tidur di rumah hanya dengan bibi (asisten rumah tangga) atau bahkan sendiri. Jika keduanya sedang ada di rumah, aku tak pernah mendengar salah satu dari mereka membaca atau menghafal Al-Quran. Keduanya lebih banyak menghabiskan waktu di depan handphone atau laptopnya. Keduanya sering sekali membelikanku mainan tapi keduanya tak ada yang mau bermain denganku. Mainan itu hanya sebagai pengalih agar aku tak mengganggu pekerjaan mereka.”

Aku menghela nafas panjang.
“Pak Ustadz, aku tak mau menghafal doa ini. Aku tak mau Allah menyayangi orang tuaku sebagaimana orang tuaku menyayangiku”, tutupnya.

Mataku berlinang. Kukatakan kepadanya, “Semoga Allah merahmatimu. Cukuplah menghafal doanya hanya Rabbighfirlì waliwàlidayya warhamhumà dan kamu boleh pulang.”

 Kini aku mengerti, sayangnya kita kepada anak-anak kita boleh jadi adalah parameter sayangnya ALLAH kepada kita.

 Ditulis oleh: #Rasta_Taleowak





Silahkan KLIK&SHARE jika dirasa bermanfaat.....


cek juga IG instagram.com/loveislam.id