Beginilah Wanita Yang Dirindukan Surga


Wanita merupakan sosok indah dengan segala keistimewaan yang ada pada dirinya. Seorang wanita bila dilihat dari segi manapun, selalu memancarkan pesona yang mampu memukau mata. Sehingga tidak mengherankan bila wanita disebut sebagai godaan terbesar bagi kaum pria.


Bukan hanya pria, indahnya seorang wanita hingga surga pun merindukannya. Surga memang memiliki rindu, yaitu rindu orang-orang yang taat dan rindu orang-orang yang shaleh. Mengapa wanita ? Sebab, kebanyakkan wanita masuk neraka.

Sebagaimana dikatakan oleh Rasulullah, bahwa di akhirat kelak kebanyakan penghuni neraka adalah kaum wanita. Oleh sebab itulah, surga sangat merindukan wanita. Namun, wanita yang dirindu surga bukanlah orang sembarangan. Hanya mereka yang memenuhi kriteria-kriteria tertentu lah yang didambakan untuk menempati surga. Lantas, kriteria bagaimanakah wanita yang dirindu surga tersebut?

1. Memperteguh Iman
Kriteria wanita yang dirindu surga yang pertama adalah ia yang memperteguh imannya. Iman berasal dari hati. Sehingga jika hati kita yakin, maka sikap dan perilaku akan mengikuti kata hati. Hati yang memiliki iman akan senantiasa mengamalkan sifat terpuji yaitu selalu takut kepada Allah, hati yang selalu merindukan belai cinta Allah. Oleh sebab itu, wanita yang dirindu surga adalah ia yang memperbanyak dzikirnya, membaca Al-Qur’an, bertutur kata yang terpuji, menjauhi ghibah dan naminah.

2. Bertakwa kepada Allah SWT
Kriteria yang kedua adalah wanita yang bertakwa kepada Allah SWT. Seorang wanita yang bertakwa kepada Allah adalah ia yang mudah memaafkan, memiliki toleransi yang tinggi, menghindari dosa besar dan beristighfar bila melakukan dosa kecil, serta memuliakan syiar Allah dan terkahir berlaku adil dalam memutuskan perkara.

3. Berbakti kepada kedua orang tua
Berbakti kepada kedua orang tua hukumnya wajib dan fardhu ‘ain, dan harus didahulukan daripada amalan-amalan lain yang sifatnya fardhu kifayah dan sunnah. Selain itu, berbakti kepada orang tua merupakan kewajiban yang paling utama setelah shalat yang merupakan tiang agama.

4. Taat kepada suami dalam hal kebaikan
Seorang istri yang taat bukan karena suaminya baik atau tidak, melainkan ia ingin berkhidmat kepada suaminya sebab ia paham bahwa pintu surga seorang wanita yang telah menikah adalah taat dihadapan suaminya.

Bahkan Rasulullah mengatakan bahwa seorang wanita yang menjaga shalat lima waktu, berpuasa di bulan ramadhan, menjaga kemaluannya dan taat pada suaminya, maka ia diperbolehkan masuk surga melalui pintu manapun yang ia suka.

5. Wanita yang senantiasa sabar ketika mendapatkan musibah atau ujian
Sesungguhnya tidak ada kehidupan di dunia ini tanpa berbagai macam ujian dan musibah. Oleh sebab itu, kriteria wanita yang dirindu surga bukanlah wanita yang hanya melaksanakan puasa dan shalat saja. Namun adalah wanita yang bersabar ketika ditimpa ujian dan musibah.

6. Wanita yang memiliki anak-anak shalih dan shalihah
Saat kita berhasil mendidik anak dengan baik sehingga menjadi shalih dan shalihah, tentunya Allah tidak akan menyia-nyiakan usaha kita. Bahkan Rasulullah mengatakan bahwa belum sempurna iman seseorang sebelum ia lebih mencintai anaknya, orang tuanya dan manusia semuanya.

7. Membaca dengan mengamalkan Al-Qur’an
Kriteria selanjutnya adalah wanita yang gemar membaca dan mengamalkan Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an memang tidak diharuskan langsung banyak, tapi diperbolehkan sedikit demi sedikit asalkan rutin dan istiqomah. Dan orang yang pandai membaca Al-Qur’an akan bersama malaikat yang mulia lagi berbakti, sementara yang masih terbata-bata, maka ia mendapatkan dua pahala. Oleh sebab itu, berlomba-lombalah dalam mengamalkan Al-Qur’an.

8. Menutup aib dan pandai menjaga lisan
Wanita yang dirindukan surga adalah ia yang dapat menutup aib dirinya serta aib orang lain, serta mampu menjaga lisannya dari perkataan yang tidak baik dan fitnah. Sudah seharusnya muslimah yang baik lebih menahan dirinya dari banyak berbicara bila tidak penting dan tidak ada manfaatnya.

9. Menyambung dan mempererat tali silahturrahim
Kriteria yang terakhir adalah wanita yang menyambung dan mempererat tali silahturrahim. Merupakan kewajiban bagi setiap muslim untuk menyambung tali silahturrahim, serta haram untuk memutuskannya. Sebagaimana sabda Rasulullah bahwa tidak akan masuk surga orang yang memutuskan hubungan kekeluargaan.

Demikianlah kriteria wanita yang dirindukan surga. Memang bukanlah wanita sembarangan, oleh sebab itu marilah kita berbenah diri sehingga termasuk kedalam golongan wanita surga tersebut. Sungguh merupakan kebahagian terbesar bila dapat menjadi wanita yang dirindukan surga. Dan semoga kita tetap istiqomah di jalan-Nya. Amin ya rabbal alamin......