Inilah Resiko Bagi Orang Yang Meremehkan Waktu Shalat


Namun di dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa bukan hanya mereka yang tidak mengerjakan shalat saja yang akan mendapatkan siksaan, akan tetapi termasuk didalamnya orang yang tidak menyegerakan shalatnya ketika waktu shalat telah tiba.

Dalam surat Al-Maa’uun ayat 4-5, Allah SWT berfirman bahwa, "Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya."

Dari bnu Abbas ra, beliau menceritakan bahwasa ayat ini diturunkan berkenaan dengan orang-orang munafik. Karena mereka senantiasa memamerkan shalatnya di hadapan orang-orang mukmin secara ria, saat orang-orang mukmin berada ditengah mereka. Namun jika orang-orang mukmin tidak ada, maka mereka meninggalkan salatnya  dan  mereka juga tidak mau memberikan pinjaman barang miliknya kepada orang-orang mukmin.

Suatu ketika putri tercinta Rasulullah SAW, Fatimah Azzahra bertanya kepada ayahnya tentang apa yang akan terjadi pada orang yang melalaikan shalatnya. "Duhai ayahku, apakah yang akan menimpa seorang lelaki atau wanita yang meremehkan shalat?" dan Rasulullah SAW menjawab," Wahai Fatimah, sesungguhnya siapa saja yang meremehkan shalat baik lelaki maupun wanita, maka Allah akan mengirimkan 15 bencana kepadanya. Ia akan mendapatkan enam bencana di dunia, tiga di hari kematiannya, tiga di dalam kuburnya dan tiga di hari kiamat ketika ia keluar dari kuburnya."

Adapun yang akan ia terima di dunia adalah,
Allah akan mencabut keberkahan dari umurnya.
Allah akan mencabut keberkahan dari rizkinya.
Allah akan menghapuskan cahaya orang sholeh dari wajahnya.
Seluruh amalan baik yang telah ia perbuat maka tidak akan mendapat imbalan.
Doa-doanya nya tidak akan ada yang dikabulkan.
Dia tidak akan mendapat bagian dari doa orang-orang yang sholeh.      
Adapun yang akan ia terima di hari kematiannya adalah,
Dia akan mati dalam keadaan terhina.
Dia akan mati dalam keadaan kelaparan.
Dia akan mati dalam kehausan. Walaupun dia di berikan minum dari sungai-sungai  di dunia, namun yang demikian tidak akan menghilangkan dahaganya.
Adapun yang akan ia terima di kuburannya adalah,
Allah akan mengirimkan malaikat yang akan membuatnya ketakutan di dalam kuburnya.
Allah akan mempersempit kuburnya.
Dan Allah akan memenuhi kuburannya dengan kegelapan.
Dan yang akan dia terima di Hari Kiamat ketika ia keluar dari kuburnya adalah,
Allah akan memberikannya pada malaikat yang kemudian akan menyeret wajahnya sementara seluruh makhluk akan memandang kepadanya.
Dia akan dihisab dengan hisab yang sangat sullit.
Allah tidak akan melihatnya dan tidak akan mensucikannya. Dan baginya adalah adzab yang pedih. (Sumber : khazanahalquran, dikutip dari kitab Syawahidul Muballighin)
Umar bin Khattab ra meriwayatkan bahwa, telah datang seseorang kepada Rasulullah SAW,  dan bertanya, “Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai oleh Allah SWT ?” Rasulullah menjawab, “Yaitu Shalat pada waktunya, Dan barang siapa meninggalkannya, maka sesungguhnya ia tidak  memiliki agama lagi, dan salat itu tiangnya agama.”

Rasulullah SAW bersabda bahwa, “Amal yang pertama kali dihisab dari seorang hamba padahari kiamat adalah sholatnya. Jika shalatnya baik maka ia telah sukses dan beruntunglah, dan sebaliknya, jika rusak shalatnya, maka sungguh telah gagal dan merugilah ia.” (HR Tirmizi dan yang lain dari Abu Hurairah. Ia berkata, “Hasan Gharib.”)

Demikianlah ulasan mengenai resiko bagi orang yang meremehkan waktu shalat. Semoga kita semua dapat mengambil hikmah dan manfaat yang terdapat di dalamnya, dan dapat menghindari hal-hal yang merugikan. Agar kita dapat menjadi seorang hamba yang senantiasa bertakwa kepada Allah SWT.