Hati Anda Sehat? Coba Periksa!



ALLAH Subhanahu Wa Ta'ala telah mencurahkan dan menganugerahkan hati kepada kita. Hati ini yang menentukan perasaan dalam diri atas apa yang dialami. Dan sebagai seorang pengguna hati, kita harus menjaga hati agar selalu tetap sehat. Nah, apakah hati Anda sudah sehat? Coba deh Anda periksa! Seperti apa ya hati yang sehat itu?

Hati yang sehat (bersih) yaitu hati yang seorang hamba tidak akan selamat pada hari kiamat kecuali mendatangi Allah dengan hati tersebut. Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman, “
يَوْمَ لَا يَنْفَعُ مَالٌ وَلَا بَنُونَ

(yaitu) di hari harta dan anak-anak laki-laki tidak berguna,
Surah Asy-Syu'ara' (88).
إِلَّا مَنْ أَتَى اللَّهَ بِقَلْبٍ سَلِيمٍ

kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih,
Surah Asy-Syu'ara' (89).

Hati yang bersih adalah hati yang selamat dari segala syahwat yang menyelisihi perintah Allah dan larangan-Nya. Serta selamat dari segala syubhat yang menentang firman-Nya. Hati yang bersih juga terbebas dari peribadatan kepada selain Allah dan berhukum kepada selain sunnah Rasulullah ﷺ.

Ringkasnya, hati yang bersih lagi sehat adalah hati yang selamat dari kesyirikan dalam bentuk apapun. Bahkan, ia mengikhlaskan segala peribadatannya hanya kepada Allah, seperti iradah (keinginan), mahabbah (kecintaan), tawakal, taubat, khasyyah (rasa takut), kekhsyukan) dan raja’ (harapan).

Hati yang bersih juga akan mengikhlaskan seluruh amalannya hanya untuk Allah. Sehingga, jika mencintai maka ia mencintai karena Allah, jika membenci maka ia membenci karena Allah, jika memberi maka ia memberi karena Allah, dan jika tidak memberi maka ia tidak memberi karena Allah.

Seluruh perhatiannya hanya tertuju pada Allah. Seluruh kecintaannya hanya untuk Allah. Tujuannya hanya Allah. Raganya untuk Allah. Seluruh amal perbuatannya untuk Allah. Tidur dan jaganya untuk Allah. Ucapan dan percakapannya tentang Allah lebih nikmat baginya dari segala pembicaraan yang lain. Pikirannya berkutat mencari keridhaan dan kecintaan Allah.

Kita memohon kepada Allah agar dikaruniai hati yang bersih seperti ini. Dan mari bersihkan hati dengan selalu berzikir beristighfar mengingat Allah memohon ampunan terhadap Allah mensucikan Allah dan hanya kepada Allah Azza Wajalla.

بركلاه عليك