PENGARUH BACAAN ALQUR'AN PADA PERTUMBUHAN JANIN


Bismillahirrohmaanirrohiim

Assalamualaikum warahmatullahi wabaratuh

~~ PENGARUH BACAAN ALQUR'AN PADA PERTUMBUHAN JANIN ~~

Memperdengarkan bacaan al-Qur'an saat janin masih dalam kandungan punya dampak kuat yang positif. Apa saja?

Hal lumrah kiranya bila kita jumpai ibu-ibu hamil memperbanyak bacaan al-Qur'an.
Bahkan ada yang khusus membaca surat-surat tertentu;
Seperti surat Yasin, al-Mulk, ayat Kursi, surat Maryam, surat Yusuf dsb.
Waktunya bisa kapan pun, ba'da shalat atau di waktu lain.

Tentu dengan membaca atau memperdengarkan al-Qur'an kepada janin yang ada di dalam kandungan, mereka berharap kepada Allah swt. agar janinnnya baik- baik saja, serta proses persalinan nantinya berjalan dengan lancar.

Teknisnya, ibu hamil itu bisa membaca sendiri, bisa juga sang suami membaca al-Qur'an di samping isterinya yang sedang duduk atau isteri mendengarkan sambil tiduran.


COCOK DENGAN PENELITIAN ILMIAH

Anjuran untuk memperbanyak bacaan al-Qur'an di saat ibu sedang hamil ini selaras dengan berbagai penelitian dalam bidang embriologi dan ilmu kebidanan.

Sebagaimana di katakan Dr. Jamal Elzaky dalam buku induk " Mukjizat Kesehatan Ibadah, " Pertumbuhan janin di dalam kandungan, di pengaruhi oleh situasi dan kondisi ibunya serta lingkungan di sekitarnya.

Keadaan jiwa seorang ibu akan punya pengaruh terhadap pertumbuhan dan kesehatan janin.

Di dalam penelitian tersebut, juga di sebutkan bahwa genetika bukanlah satu-satunya faktor yang memengaruhi sikap, sifat dan keistimewaan yang akan di miliki oleh janin.
Tetapi ada faktor lain yang sangat penting yakni lingkungan tempat tumbuh janin itu, termasuk kondisi tubuh ibunya, kondisi kejiwaannya dan juga sifat, sikap serta perilaku si ibu selama mengandung.

Apabila janin tumbuh di tengah lingkungan yang penuh tekanan, terutama keadaan ibunya yang selalu tertekan, niscaya saat di lahirkan, anak itu bisa tumbuh jadi anak yang mudah resah, gelisah, penyendiri, atau bahkan bisa mengalami pertumbuhan fisik yang kurang sempurna.

Karena itulah, ibu yang sedang hamil di samping harus menjaga kondisi fisiknya, juga harus menjaga mentalnya agar tetap dalam kondisi yang baik dan sehat.
Sehat fisik dengan memperhatikan asupan nutrisi yang cukup dan berimbang.

Sementara mental bisa dengan menciptakan lingkungan rumah dan sekitarnya dalam kondisi nyaman dan tenang.

SANGAT POSITIF

Nah, dengan cara memperdengarkan atau membacakan ayat-ayat al-Qur'an, ternyata dapat menciptakan ketenangan dan kenyamanan si janin.
Pembiasaan ini juga akan bisa melahirkan jiwa si janin senantiasa di pengaruhi al-Qur'an, bisa lebih cepat membaca atau menghafal al-Qur'an.

Pernyataan di atas, juga di kukuhkan oleh pendapat Dr.Nurhayati dari Malaysia, dalam ' seminar konseling dan psikoterapi Islam ' pada tahun 1997.

Menurutnya, al-Qur'an memang memberikan pengaruh besar bila di perdengarkan kepada bayi.
Bacaan al-Qur'an dengan tartil yang bagus dan sesuai tajwid, lanjutnya memiliki frekuensi dan panjang gelombang yang mampu mempengaruhi otak secara positif dan mengembalikan keseimbangan dalam tubuh.

Maka dengan beragam penelitian di atas, memperbanyak baca al-Qur'an saat ibu sedang hamil mampu menstimulasi sang buah hati menjadi pribadi yang cerdas secara intelektual, emosi serta spiritual.

Sungguh nikmat bukan? Ternyata pembiasaan itu tidak saja mendatangkan pahala, tetapi punya manfaat luar biasa bagi si buah hati juga bagi orang tua.
( Dari berbagai sumber )

Oleh : HERRY MUNHANIF



Silahkan SHARE jika dirasa bermanfaat.....

Sumber LOVE ISLAM